Tentang Persahabatan : Sesuatu yang perlu dijaga dan dirawat

Pepatah pernah mengatakan bahwa, apabila kalian memiliki teman atau bersahabat lebih dari 6 tahun niscaya persahabatan itu akan berlangsung seumur hidup, hingga tua nanti. Begitulah singkatnya.

Lantas, apa yang bisa membuat sebuah persahabatan itu berjalan dengan sangat lama? Bila kita samakan denhan sebuah pohon, persahabatan pun perlu dirawat dan dijaga, dengan cara selalu menjaga komunikasi, bukankah kunci dari suatu hubungan pun itu dari komunikasi, kan? Tidak harus setiap saat atau setiap hari kita saling bertukar pesan, karena semua kami pun memiliki sesuatu untuk dikejar dan keinginan untuk dicapai.

Mungkin pada saat kita masih dalam fase anak anak menuju remaja hal komunikasi adalah titik yang paling ditekankan dalam persahabatan, dari mulai frekuensi bertemu dan menghadapi hari bersama sama.

Namun terkadang persahabatan pun memiliki tantangan yang berat, yaitu waktu. Seiring berjalannya waktu alam memilih siapa saja yang bertahan dalam suatu persahabatan, terkadang takdir langit memang begitu. Dan tentu semakin hari dan semakin bertambahnya usia yang kita cari dari persahabatan yang sudah kita bangun dulu ialah kualitasnya, seberapa berpengaruh sih persahabatan ini dalam kehidupan kita? Lalu kita bisa memilih sesuai apa yang terlintas di pikiran kita.

Pertemuan yang jarang, namun sekalinya bertemu topik pembicaraan kita sudah ‘naik kelas’, jarang berkomunikasi tetapi sekalinya terjadi percakapan hal yang ditanyakan itu ‘bagaimana hidup mu?’ ‘Kamu sehat?’ menanyakan kabar saat bertatap muka memang lebih indah.

Merawat persahabatan itu tentang bagaimana mengalahkan ego masing masing, saling mengerti kondisi, dan selalu mendukung hal hal yang baik yang dilakukan oleh teman sangat dekat kita. Last, jagalah persahabatanmu karena kau takkan bisa menjumpainya di diri orang lain, koreksi dia didepannya dan ceritakan bagusnya dia saat kau bercerita tentangnya, karena itulah persahabatan bisa terjaga.

// //