Tiga Letusan Dahsyat Gunung Berapi di Indonesia

Selain terkenal karena budaya dan keindahan alamnya yang luar biasa, Indonesia juga dikenal sebagai negara dengan 127 gunung api yang masih aktif. Beberapa dari gunung tersebut bahkan memiliki riwayat pernah meletus secara dahsyat hingga menelan banyak korban jiwa. Kalau Areingers belum tahu gunung apa saja yang memiliki letusan dahsyat itu, yuk simak daftar berikut ini:

Letusan Gunung Tambora

Salah satu gunung berapi di Indonesia ini disebut pernah meletus dengan dahsyat pada tahun 1815. Letusan gunung yang letaknya di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara ini menelan hingga ribuan korban jiwa. Bahkan para sejarawan menyebutkan bahwa letusan gunung ini merupakan letusan paling dahsyat karena dampaknya menyebar ke berbagai negara luar, selain Indonesia. Salah satu dampak dari letusan gunung ini adalah perubahan cuaca global. Hal ini terjadi karena letaknya yang berada di dekat garis khatulistiwa.

Letusan Gunung Krakatau 

Pada 26-27 Agustus 1883 terjadi letusan dahsyat yang terdengar bahkan sampai ke Australia Tengah dan Pulau Rodrigues dekat Afrika. Suara letusan dengan radius 5.000 kilometer tersebut berasal dari salah satu gunung Indonesia, yakni Gunung Krakatau. Letusan yang terjadi selama dua hari tersebut menimbulkan tsunami dengan ketinggian hingga 36 meter dan menutupi daerah seluas 827.000 kilometer persegi.

Letusan Gunung Toba 

Gunung yang terletak di Provinsi Sumatera Utara diperkirakan meletus pada 74.000 tahun lalu. Letusan yang terjadi kala itu disebut membentuk Danau Toba yang ada hingga saat ini. Letusan yang membawa sekitar 2.800 kilometer kubik magma ke udara tersebut membuat jutaan ton asam sulfat dilepaskan ke stratosfer yang membuat terjadinya kegelapan total selama enam tahun dengan suhu beku sedikitnya 1.000 tahun. Keadaan tersebut menghilangkan sumber makanan manusia dan hewan.

Selain tiga gunung di atas, ada juga beberapa gunung Indonesia yang pernah meletus.Gunung-gunung aktif ini bisa meletus kapan saja ya, Areingers. Jadi, kalau Areingers tinggal di daerah yang memiliki gunung api yang aktif, patut untuk selalu waspada dan berhati-hati ya.