Tips Bikin Badan Tetap Bersih Selama Berkemah

Ada banyak hal seru dan menarik yang bisa Areingers temukan ketika berkemah atau camping. Selain mampu menyatukan diri manusia dengan alam, camping juga merupakan aktivitas outdoor yang dapat melatih kemandirian seseorang. Areingers bakal belajar bagaimana caranya bertahan di tengah-tengah keterbatasan.

Saat mencoba camping, banyak orang merasa kesulitan mencari akses air untuk mandi atau buang air. Hal ini tetap tidak bisa dijadikan alasan untuk malas menjaga kebersihan diri secara disiplin. Bagaimacna cara merawat kebersihan badan selama camping? Berikut adalah 5 tipsnya. Silakan dibaca!

 

Sempatkan Waktu Menggunting Kuku Sebelum Berangkat

Ketika pergi camping, wisatawan biasanya akan melaksanakan beragam kegiatan outdoor atau di luar ruangan. Oleh sebab itu, sempatkan waktu menggunting kuku sebelum pergi menuju kemah agar Areingers terhindar dari kotoran dan debu saat beraktivitas.

Cara satu ini tentu bisa meminimalisir kemungkinan kuku terkena kotoran yang membawa dampak buruk bagi tubuh. Jadi, potonglah kuku Areingers sependek mungkin sebelum berangkat menuju lokasi kemah. Jika tidak sempat, Areingers bisa memasukkan gunting kuku ke dalam barang bawaan agar bisa dipakai di tempat tujuan.

Selain itu, wisatawan juga disarankan tidak memegang wajah ketika tangan berada dalam kondisi kotor. Hal ini ditakutkan dapat berimbas pada munculnya jerawat di area muka. Cobalah untuk mencuci tangan sebersih mungkin sebelum memegang makanan atau wajah agar terhindar dari segala risiko buruk.

 

Menyiapkan Produk Lotion serta Sampo yang Tak Mengeluarkan Bau

Banyak orang kesulitan mendapatkan akses air ketika berkemah di suatu wilayah atau area tertentu. Meski begitu, hal ini tak bisa dijadikan alasan bagi pelancong untuk tidak merawat dan menjaga kebersihan diri. Areingers tetap bisa menjaga kesehatan kulit dan rambut dengan trik khusus.

Sebelum berangkat, bawalah perlengkapan yang bisa dipakai untuk merawat kebersihan badan. Contohnya seperti lotion tabir surya yang tidak mengeluarkan bau. Mengapa harus tak berbau? Cara ini dimaksudkan agar bau lotion tidak membuat nyamuk atau serangga lain datang mendekat.

Selain itu, ada cara lain bagi wisatawan yang ingin menjaga kesegaran pada bagian rambut selama berkemah.  Areingers bisa mengoleskan dry shampoo tak berbau ke rambut agar bagian kepala tidak dikerumuni nyamuk atau serangga aneh lainnya. Dengan begitu, momen liburan Areingers bakal terasa lebih berkesan dan menyenangkan untuk dikenang di lain waktu. Sebisa mungkin jauhi buah-buahan atau bunga karena dua buah ini mampu mengundang kedatangan nyamuk.

 

Berendam atau Berenang di Dekat Sumber Air Mengalir

Toilet umum menjadi salah satu fasilitas yang paling banyak dicari wisatawan ketika berkemah. Semuanya mencari toilet agar bisa buang air atau mandi dengan tenang. Sayangnya, tidak semua area berkemah di Indonesia disertai fasilitas toilet umum sehingga wisatawan kerapkali harus mencari jalan lain.

Mengingat Indonesia merupakan salah satu negara beriklim tropis, aktivitas mandi rasanya sulit diipisahkan dari rutinitas sehari-hari. Sebenarnya masih ada cara khusus yang bisa dilakukan wisatawan untuk mendapatkan air selain dari fasilitas toilet umum. Cara yang dimaksud adalah mencari sumber air mengalir di sekitar lokasi kemah.

Bila berhasil menemukan air mengalir seperti sungai, jangan ragu menjadikannya sumber air untuk mandi. Trik satu ini juga tentu akan membuat Areingers lebih mudah terhubung dengan alam. Janganlah sekali-kali mencoba mandi di sumber air stagnan karena daerah tersebut biasanya menjadi tempat berkembangnya bakteri.

 

Memasukkan Baju Ganti ke dalam Barang Bawaan

Barang lainnya yang perlu disiapkan wisatawan sebelum pergi menuju kemah adalah baju ganti. Aktivitas camping memang dilakukan dalam keadaan serba terbatas. Akan tetapi, pelancong tak bisa menggunakan hal tersebut sebagai alasan untuk tetap mengenakan baju yang sama selama berhari-hari.

Tetaplah menjadi wisatawan yang rajin merawat kebersihan diri selama camping. Janganlah malas mengganti pakaian dalam Areingers setiap hari agar tubuh tidak dipenuhi kotoran atau debu. Areingers dianjurkan membawa setidaknya dua pasang baju bila tas mempunyai ruang yang cukup terbatas.

Menyiapkan dua pasang baju bakal membuat badan Areingers tetap terjaga bersih. Apabila salah satu baju kotor, wisatawan dapat mencucinya di sumber air dan menggantungnya di area terbuka agar baunya berkurang. Areingers pun bisa memakai baju lain sembari menunggu jemuran kering.

 

Menyediakan Tisu Basah dan Hand Sanitizer

Dua perlengkapan ini patut dibawa agar wisatawan siap menghadapi situasi sulit seperti tidak adanya fasilitas toilet umum atau lokasi kemah yang jauh dari sumber air. Dengan membawa tisu basah dan sanitizer, Areingers bisa membuat tubuh tetap bersih selama berkemah.

Bila tidak sempat mandi saat berkemah, wisatawan dapat menggunakan tisu basah untuk membersihkan area lipatan tubuh yang lembab. Keringat Areingers pun bakal menghilang sehingga tubuh tidak lagi terasa lengket. Sementara itu, hand sanitizer bisa dipakai wisatawan untuk urusan makan dan buang air.