Tips dan Trik Menghadapi Ular Kobra Nyasar ke Pemukiman Warga


Halo Areingers, buat temen-temen sekalian yang sering banget nonton Panji Petualang dengan program "Sang Petualang" di channel Arei Outdoor Gear pasti tahu kan perbedaan antara Ular King Kobra dan Kobra biasa? nah, untuk temen-temen yang belum tahu, cepet-cepet deh ke channel Arei Outdoor Gear dan Subscribe, pantengin terus edukasi-edukasi tentang reptile yang dipandu oleh Panji Petualang di Channel tersebut ya..

Banyak pertanyaan yang mulai simpang siur mengatakan ;

Kenapa banyak fenomena Ular King Kobra nyasar ke pemukiman warga?

Nah sebenernya, supaya temen-temen tau aja nih, yang "mampir" ke pemukiman warga itu Ular Kobra biasa bukan King Kobra, tapi kedua ular tersebut sama-sama berbahaya loh.. jadi tetap waspada dan diwajibkan untuk memakai safety equiptment loh guys jika ini terjadi di rumah kalian. Kedua ular tersebut sama-sama memiliki bisa yang mematikan, dan kedua nya mempunyai cara yang berbeda untuk menyerang.

Kang Panji Petualang sempat menjelaskan ke mimin, bahwa King Kobra memiliki bisa yang sangat mematikan, sama hal nya dengan ular kobra biasa, akan tetapi cara untuk mereka menyerang , karakter, bentuk mereka berbeda, Ular King Kobra menyuntikkan bisa nya melalui taring dari mulutnya, sedangkan Ular Kobra dapat menyemburkan venom atau bisa mematikannya hingga jarak kurang lebih 2 meter, Jauh yah. Maka diharapkan untuk Areingers yang menemukan jenis ular kobra ini memakai safety goggle.

Nah sekarang ke pertanyaan utamanya nih guys, Kenapa sih banyak banget yang nyasar ke rumah warga?

Sebenarnya tak lain dan tak bukan karena Kerusakan Habitat, Seluruh ular, bukan hanya ular kobra atau king kobra bahkan ular phyton sekalipun mempunyai habitat dan tempat asal. Akan tetapi karena habitat mereka rusak, yang mana sebenarnya ulah dari manusia-manusia juga. Menjadikan mereka kebingungan untuk mencari habitat asli mereka dan akhirnya mereka bisa sampai ke rumah warga.

Dan memang diakui bahwa ular kobra itu dekat dengan manusia habitatnya, banyak ditemukan di sawah-sawah. Akan tetapi sekarang banyak sekali sawah yang sudah dijadikan pemukiman warga, akhirnya ular kobra tersebut tidak menemukan habitat aslinya, akhirnya timbul-lah konflik ketika ular kobra tersebut mencari makan. Gitu loh guys..

Bagaimana cara menghadapi Ular Kobra yang nyasar itu?

Bagi temen-temen yang sudah mengikuti event dari Arei Outdoor Gear yaitu Survival Camp, pasti sudah melihat atau bahkan mencoba untuk menghadapi ular. bagi yang belum.. nanti ada Survival Camp jilid 2, ikutan yah hehehe..

Tips dan Trik menghadapi Ular Kobra/ular berbisa yang masuk ke pemukiman warga.


Yang pertama adalah jangan takut, jika kalian takut, cepat cari bantuan. Karena kontak dengan ular berbisa itu sangat bahaya, jadi kalian harus yakin kalian bisa, jika memang tidak bisa kalian harus cepat mencari bantuan.

Kedua, ada dua hal yang harus kalian siapkan yang paling utama adalah Tong Snake, jika kalian tidak memilikinya. Kalian bisa gunakan kayu panjang atau gagang sapu. jika bertemu dengan ular kobra, kalian bisa gunakan safety google, atau dalam kondisi darurat, kalian bisa menggunakan kacamata biasa atau tidak menggunakannya ASAL kalian bisa melindungi mata kalian, sekali saja kalian terkena semburan venom dari ular kobra dan mengenai mata kalian, bisa menyebabkan iritasi berat dan yang paling fatal dapat mengakibatkan kebutaan. yang perlu diingat, bisa ular kobra jika mengenai kulit tidak mengakibatkan hal yang berbahaya KECUALI tangan kalian luka. jadi pastikan kalian aman ya guys.

Ketiga, pada dasarnya bagian yang berbahaya dari ular adalah kepala guys, jadi kalian harus berhati-hati pada bagian tersebut. Karena ular berbisa itu bisa menyerang tiba-tiba bahkan ular kobra itu dapat menyerang sebanyak dua kali, yang sudah dijelaskan tadi, selain gigit, ular kobra juga dapat menyemburkan venom atau bisa racun nya.

Keempat, bagi kalian yang berani, raih ekor dari ular tersebut. Hati-hati jika bertemu ular kobra, sifatnya yang agresif dapat membuat kalian kerepotan untuk meraih ekornya. Lakukan ini jika kalian berani dan tidak ragu ya guys, kalau nggak berani dan ragu lebih baik kalian skip bagian ini, jangan lupa jika berhasil meraih ekornya, ular kobra akan dengan cepat berbalik dan tetap lindungi mata.

Kelima, ambil tong snake kalian atau paling urgent dapat menggunakan kayu panjang, gagang sapu dan raih badan ular yang nyasar tersebut dan angkat dengan tenang tapi pasti.

Keenam, masukkan ular tersebut kedalam box atau karung. dan lakukan hal ini secara hati-hati. Akan lebih baik jika kalian sudah menyiapkan box dengan penutupnya ya guys, atau karung terlebih dahulu. Lakukan ini paling tidak 2 orang ya guys.

Nah itu dia tips singkat yang dapat kita bagikan guys, jangan lupa untuk tetap waspada dan tetap menggunakan alat yang aman guys. Bagaimanapun kita harus tahu bahwa mereka kehilangan habitatnya, dan harus kita hargai pula keberadaannya karena mereka juga makhluk Tuhan guys. Setelah kalian berhasil mengamankan ular tersebut dalam box atau karung, kalian dapat melepaskan mereka ke habitat asal mereka guys. Setidaknya hindari membunuh ular tersebut jika tidak dengan terpaksa.

Masih banyak nih tips dan trik untuk menghadapi ular yang nyasar ke pemukiman warga, Kalian wajib untuk subscribe channel Arei Outdoor Gear untuk mendapatkan edukasi tersebut, makanya cepet subscribe ya guys, Jangan lupa juga untuk Follow Instagram Arei Outdoor Gear.. Mimin pamit, Salam Lestari!