Tips Fotografi di Gunung

Mendaki gunung adalah salah satu olahraga yang diminati banyak orang baik untuk sekedar olahraga, menikmati keindahan, atau sebagai spot berfoto. Gunung Indonesia menyimpan berjuta keindahan untuk di explore. Tak ada salahnya untuk kamu mengabadikan keeksotisan alam pegunungan di Indonesia.


Dari kalian para Areingers pasti menyukai berfoto kan? Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan jika ingin memiliki foto yang bagus, salah satunya yaitu lokasi. Lokasi yang tepat dapat kamu temui dengan khusus mencari tahu tentang lokasi tersebut atau dengan travelling mencari yang terbaik.


Tentu saja semua gunung memiliki pemandangan yang bagus, namun kamu tetap harus pintar memilih gunung mana yang memiliki pemandangan terbaik untuk dijadikan spot berfoto. Setelah menentukan gunung yang ingin didaki, kamu harus mencari tahu juga tentang spot-spot berfoto disana dan kapan saat yang tepat untuk berfoto di spot tersebut agar dapat menghasilkan gambar terbaik. Cobalah mengambil foto dari angle yang berbeda-beda untuk mendapat hasil terbaik.

Untuk mengambil gambar, kamu disarankan menggunakan kamera DSLR dibandingkan dengan memanfaatkan kamera smartphone saja. Memang kini kamera smartphone banyak memiliki fitur yang bagus untuk fotografi, tetapi kamera DSLR masih sangat disarankan untuk kamu gunakan dalam fotografi.  Agar mobilitas lebih mudah dan mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan untuk menggunakan lensa 18-55mm atau lensa standar.

Pastikan juga kamu memiliki memory card yang cukup dan baterai kamera atau gadget yang cukup. Fotografi itu membutuhkan banyak pengambilan gambar untuk mencari yang terbaik. Jadi siapkan memory card dengan kapasitas yang besar ya! Bawa juga powerbank untuk mengisi daya perangkat karena mungkin di gunung kamu akan kesulitan mencari tempat pengisian daya perangkat.
Jika kamu ingin melihat contoh beberapa hasil fotografi yang bagus, kamu dapat melihat di Instagram Arei. Disana terdapat kumpulan foto-foto terbaik dari para Areingers yang bisa kamu gunakan sebagai ide. Kamu juga bisa loh mencari kenalan untuk berbagi pengalaman atau bahkan untuk mendaki bersama. Bukan tidak mungkin beberapa di antara mereka telah mengenal seluk beluk pegunungan di Indonesia dengan baik dan memiliki kemampuan fotografi yang baik pula, jadi kamu bisa bertukar ilmu dengan mereka.