Tips Memilih Sleeping Bag

 

Sleeping bag atau kantung tidur adalah salah satu barang yang wajib dibawa saat mendaki gunung untuk menjaga kehangatan tubuh kita saat tidur.

Kini telah banyak jenis-jenis dan macam Sleeping Bag tersedia di pasaran, hati-hati ketika akan membeli sebuah sleeping bag, ada yang harus diperhatikan seperti salah satu faktor penting yaitu bahan.

Ini dia Tips memilih sleeping bag untuk mendaki gunung :

Bahan Sleeping Bag

Tips memilih Sleeping bag yang pertama adalah bahan. Beda bahan maka berbeda juga fungsi dan karakteristiknya, seperti misalnya :

Bahan Parasit : memiliki bobot yang cukup ringan, biasanya dilapisi dengan kapas / bulu dibagian tengahnya yang membuat lebih hangat.
– Bahan Polyester : Sleeping bag dengan bahan ini memiliki bobot lebih ringan dan mudah kering ketika basah.
– Bahan Dacron : Bahan ini bisa membuat cukup hangat ketika dipakai dan juga ringan, namun kadang memakan tempat dalam ransel.
– Bahan Polar : Memiliki keunggulan dalam segi kehangatan. Ukurannya pun bisa lebih kecil ketika dilipat daripada bahan-bahan sebelumnya.

Apabila Areingers akan menginap di cuaca yang extreme disarankan memilih Sleeping Bag berbahan polar karena akan menjaga suhu tubuh lebih baik, meskipun harga sedikit lebih mahal tapi apabila dibandingkan dengan fungsinya Sleeping Bag berbahan Polar ini sangat disarankan untuk dibawa Camping.

Pastikan Sleeping Bag Mempunyai Resleting Yang Baik

Areingers pastinya gak mau kan baru pakai Sleeping Bag beberapa kali lalu tiba-tiba sleetingnya rusak dan harus di service? Nah, sebelum memilih Sleeping Bag, ada baiknya Areingers memilih Sleeping Bag dengan kualitas resleting yang baik. Pemilihan resleting juga berpengaruh pada kehangatan loh…

Perhatikan Fitur Pendukung

Beberapa Sleeping bag ada yang mempunyai fitur seperti saku, kantung untuk menyimpan sleeping bag, Bantalan Kepala, dsb.
Fitur pendukung ini berguna juga kalo misalnya Areingers tidak ingin repot-repot menyimpan HP di tas, jadi Areingers bisa menyimpan HP di sleeping bag ketika tidur.

Tinggi Sleeping Bag

Beberapa pendaki pemula mungkin tidak tau kalo ternyata Sleeping Bag itu ada ukurannya juga loh seperti baju. Jangan sampai kekecilan yang akan mengganggu kenyamanan saat beristirahat. Ada baiknya sebelum beli, dicoba dulu sesuai dengan tinggi badan.

Memiliki Penutup Kepala

Sleeping bag dengan penutup kepala mampu membantu menghangatkan kuping yang mudah terpapar ketika diserang suhu dingin. Lebih bagus lagi, bahkan mampu menghangatkan pipi Areingers saat keadaan sedang dingin. Pemilihan Sleeping Bag ini mampu menghindarkan Areingers dari Hiportemia.