Tips Memilih Tenda

Hampir mirip dengan ketika akan membeli Jacket outdoor, banyak pilihan dan juga banyak fitur-fitur yang ditawarkan. Memilih tenda yang baik adalah keseimbangan antara harga dan spesifikasi yang ditawarkan. Pastikan spesifikasi tenda yang akan dibeli sesuai dengan gaya Areingers ketika beraktivitas di alam bebas. Berikut Tips memilih tenda gunung agar Areingers tidak salah beli :

Bahan Tenda

Pilihlah tenda yang berbahan nylon agar bisa tahan air / angin. Beberapa tenda biasanya menggunakan lapisan lilin pada jahitan tertentu agar air tidak meresap kedalam. Pastikan juga brand yang dipilih menyediakan service ketika ada kebocoran tenda / kerusakan pada bahan tenda.

Lapisan Tenda

Saat ini ada 2 Jenis tenda berdasarkan lapisan Tenda :

  1. Single Layer
    • Cocok digunakan pada daerah pantai atau daerah dengan suhu yang tidak terlalu dingin
    • Tidak direkomendasikan ketika musim hujan, walaupun lapisannya anti air, namun bisa terjadi pengembunan di dalam tenda yang mengakibatkan hujan local di dalam tenda.
    • Ringan dan Praktis dalam perakitan
    • Mudah di cuci karena hanya satu lapisan
  2. Double Layer (Inner + Flysheet)
    • Lapisan luar menghalangi hujan dan menjadi tempat pengembunan, sehingga lapisan dalam aman dari pengembunan, tapi masih berpeluang terkena tetesan air. Diperlukan pemasangan flysheet yang benar / kencang untuk menghindari tetesan air tersebut.
    • Berat maupun pengemasan Biasanya sedikit lebih berat dari yang single layer
    • Biasanya memiliki Vestibule (teras atau ruang ekstra di antara inner & flysheet) sehingga Areingers bisa masak di teras ketika hujan atau dijadikan tempat menaruh sebagian barang-barang.
    • Memakan waktu sedikit lebih lama dalam perakitannya, minimal Areingers harus pernah berlatih mendirikannya dengan metode tercepat. Hal ini berguna ketika hujan dating dengan tiba-tiba.
    • Cocok untuk menghadapi hujan dan cuaca buruk.
    • Bagian flysheet bisa dijadikan shelter sementara / bivak untuk keadaan darurat, mempunyai keterampilan seperti ini bisa menjadi ilmu yang bermanfaat ketika camping.

Frame dan pasak

Frame diibaratkan tulang belulang tenda, semakin kuat tulang tersebut maka akan semakin kokoh tenda berdiri. Bahan yang paling sering ditemukan adalah fiber hitam dan berat dalam berbagai ketebalan. Harganya memang bersahabat. Pada tenda lainnya, sudah menggunakan frame alumunium yang lebih ringan dan kuat namun harganya sedikit lebih mahal dari Frame Fiber.

Pasak tenda akan sangat membantu Areingers untuk menjaga tenda agar tidak terbang tertiup angina saat tenda menghadapi angin. Pastikan Pasak tidak berbahan yang mudah berkarat dan juga tidak mudah melengkung, karena Pasak salah satu komponen yang penting namun mudah rusak / hilang.

Bentuk

Bentuk tenda akan mempengaruhi banyak hal, termasuk ukuran dan juga berat. Faktor dalam pemilihan bentuk tenda adalah sebaiknya yang ramah akan angina. Tenda dengan bentuk yang aerodinamis akan mengalirkan air dan angin melewati tenda dengan lancar.

Guylines atau tali pengencang

Tenda pendakian gunung pasti akan mempunyai tali-tali pengencang dibagian tertentu yang berguna untuk menjaga ketahanan tenda dalam menghadapi angina di gunung. Tali-tali ini umumnya oleh pabrik tenda ditempatkan pada titik-titik frame konstruksi tenda yang berguna memberikan kekuatan tambahan pada frame agar tidak patah