Tips mencegah gangguan hewan liar ketika berkemah

Tips mencegah gangguan hewan liar ketika berkemah Arei Outdoorgear

Berkemah menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi liburan. Apalagi berkemah di area pegunungan dan hutan. Akan tetapi ada beberapa hal yang bisa mengganggu kegiatan Areingers ketika berkemah. Salah satunya adalah kedatangan hewan liar dan buas kala malam. Hal ini bisa membuat kegiatan berkemah Areingers berantakan. Ada beberapa tips yang bisa Areingers lakukan agar tidak diganggu hewan liar. Berikut tips yang bisa Areingers lakukan !

Menyimpan makanan

Ketika malam hari, disarankan untuk menyimpan semua makanan yang Areingers bawa dengan rapi dan tertutup rapat. Biasanya di malam hari, para hewan-hewan akan mencari makanan untuk mengisi perut mereka. Biasanya babi hutan yang kerap datang ke area tenda guna mencari makanan. Usai memasak makan malam, Areingers simpan makanan dengan rapat atau digantung di area ranting pohon. Jangan letakkan sembarangan yang bisa berbahaya.

Menghindari makanan berbau

Jangan membawa makanan dengan bau yang sangat mencolok. Hal ini bisa menarik minat para hewan liar untuk datang ke area perkemahan Areingers. Disarankan tidak membawa makanan amis atau berbau tajam. Bawalah makanan tidak berbau. Dan usai memakan, usahakan buang di tempat yang jauh dari area perkemahan dan timbun dengan tanah.

Buang sampah dengan rapi

Usai memasak dan menikmati makan malam, usahakan untuk membuang sampah makanan tersebut ke area yang jauh dari perkemahan. Dan usahakan timbun atau kubur di dalam tanah. Pasalnya sisa-sisa makanan yang tercecer dan juga timbunan sampah bisa mengundang hewan liar untuk menghampirinya. Tentu saja bisa membuat tidur Areingers terganggu.

Taburkan garam

Tips mencegah gangguan hewan liar ketika berkemah Arei Outdoorgear

Ketika malam hari dan hendak tidur, taburkan garam di sekeliling tenda Areingers. Hal ini untuk mencegah hewan melata enggan memasuki area tenda Areingers. Garam sangat efektif untuk mengusir hewan-hewan liar terutama hewan melata. Areingers bisa tidur dengan nyenyak di malam hari. Namun yang perlu di catat Ular tidak akan pernah terpengaruh oleh garam karena Ular tidak berlendir pada bagian bawahnya.

Jangan gunakan parfum

Ketika tidur, jangan menggunakan parfum yang bisa mengundang serangga untuk masuk ke dalam tenda. Tentu saja akan membuat tidur Areingers akan terganggu. Jika ingin menggunakan anti nyamuk, gunakan yang tidak berbau yang cukup aman.

Api unggun

Ketika berkemah di malam hari, ketika malam kerap membuat api unggun. Hal ini ternyata memberikan fungsi untuk menakuti hewan liar agar tidak mendatangi area perkemahan. Sinar terang dari api unggun membuat hewan enggan mendatangi area perkemahan. Namun tetap jangan terlalu besar, karena hal ini akan merusak kelestarian alam dan juga jangan membakar sampah.