Tips Mencuci Sepatu Gunung Dengan Baik dan Benar

Para pendaki gunung mungkin banyak yang tidak tahu kalau mencuci sepatu gunung tidak boleh diperlakukan seperti sepatu biasa. Salah satu alasannya karena sepatu gunung jauh lebih kotor daripada sepatu yang Araingers gunakan sehari hari. Bahan yang digunakan untuk sepatu gunung juga berbeda dengan sepatu lain. Tempat jual sepatu gunung biasanya menyediakan sepatu yang berbahan dasar kuat, dan cocok digunakan di berbagai medan.  Agar kualitas sepatu gunung Araingers tetap terjaga, berikut kami bagikan tips mencuci sepatu gunung dengan baik dan benar. 

  1. Lepas Tali dan Sol Sepatu

Langkah pertama yang perlu Araingers lakukan adalah melepas tali sepatu beserta sol sepatu terlebih dahulu. Tali dan sol harus dicuci secara terpisah agar proses pencucian dapat dilakukan dengan bersih. Jangan lupa pula bersihkan seluruh debu yang ada di dalam sepatu.

  1. Bersihkan Seluruh Kotoran Kering yang Melekat Pada Sepatu

Sebelum mencucinya sebaiknya Araingers membersihkan seluruh kotoran keras yang melekat pada sepatu. Bisa menggunakan sikat halus atau juga menggunakan kayu. Sebisa mungkin hilangkan seluruh kotoran yang menggumpal di sepatu gunung tersebut.

  1. Rendam Sepatu Gunung Pada Air Rendaman Sabun Bayi

Setelah seluruh kotoran dibersihkan, selanjutnya rendam sepatu gunung Araingers pada air yang telah diisi dengan sabun bayi. Sebisa mungkin hindari menggunakan deterjen karena akan merusak permukaan sepatu gunung tersebut. Sabun bayi lebih baik digunakan karena kandungan kimianya tidak terlalu banyak. 

  1. Sikat Seluruh Permukaan Sepatu Dengan Sikat Halus

Setelah direndam sikat permukaan sepatu menggunakan sikat halus. Usahakan menyikat dengan satu arah agar permukaan sepatu tetap terjaga. Lakukan secara berulang ulang sampai seluruh noda dan kotoran hilang dari sepatu gunung.

  1. Hindari Menjemur dibawah Terik Matahari langsung

Jika sepatu gunung sudah dibersihkan bilas dengan air bersih lalu jemur sepatu di tempat yang terkena tiupan angin. Usahakan jangan menjemur sepatu di bawah sinar matahari langsung, karena hal ini dapat membuat warna sepatu cepat pudar, dan kualitasnya berkurang. Para agen jual sepatu gunung biasanya menyarankan sepatu dijemur pada tempat yang memiliki sirkulasi udara bagus.