Tips Mendaki Gunung Yang Lebih Aman

Indonesia memiliki permukaan alam yang dianugerahi dengan banyak gunung yang bisa menjadi arena petualangan bagi Areingers yang suka dengan aktivitas fisik outdoor. Tapi meskipun Areingers sudah sering dan berpengalaman mendaki gunung sampai ke puncak bahkan berkemah dan bermalam di tengah alam terbuka, dalam setiap pendakian faktor keselamatan tidak boleh diabaikan dan harus jadi prioritas utama karena bagaimana alam bekerja kadang tidak bisa diprediksi. Sedang berencana untuk mendaki gunung selanjutnya? Cek dulu yuk apa saja yang mesti dilakukan agar pendakianmu aman dan nyaman.

 

Cek status gunung yang akan didaki

 

Sebelum mendaki gunung pastikan status gunung yang akan didaki aman baik gunung yang aktif maupun sudah tidak aktif. Biasanya di setiap pintu jalur pendakian akan ada petugas di mana pendaki wajib untuk melakukan laporan dan menyebutkan identitas, Areingers bisa meminta informasi kepada petugas tersebut mengenai status keamanan jalur pendakian sehingga hal-hal yang tak terduga bisa diminimalisir dampaknya.

 

Sebisa mungkin jangan mendaki sendirian

 

Ketika Areingers mendaki dengan setidaknya bersama satu teman, maka jika terjadi sesuatu insiden atau kecelakaan, teman mendaki nanti bisa memberikan pertolongan atau mencarikan bantuan. Terlalu besar resikonya mendaki sendirian meski Areingers sudah hapal dengan jalur-jalur yang akan dilalui. Komunikasikan dengan teman mendaki rencana perjalanan yang akan dilakukan, langkah-langkah jika ada kondisi darurat, lamanya perjalanan mendaki, dan sebagainya.

 

Informasikan rencana perjalanan ke orang lain

 

Selain mengkomunikasikan rencana perjalanan dengan teman mendaki dan kepada petugas ranger, beritahukan juga rencana pendakianmu kepada orang lain misalnya kepada keluarga atau teman yang tidak ikut mendaki. Sehingga mereka bisa tahu kapan seharusnya Areingers sudah turun gunung dan mengecek kondisimu apakah sudah turun atau belum.

 

Siapkan diri untuk cuaca yang tidak terduga

 

Ketika mendaki gunung jangan hanya mempersiapkan dan waspada dengan perkiraan cuaca yang sudah Areingers cek sebelum naik, karena kadang iklim yang terjadi di gunung bisa berbeda dan tidak bisa diprediksi. Bawa perlengkapan yang bisa melindungimu dari hujan, kenakan alas kaki yang baik agar Areingers tidak mudah tergelincir di jalur yang licin, bahkan hujan yang kecil pun bisa memberikan perubahan cukup besar pada lingkungan gunung misalnya jalan tanah yang jauh lebih licin, tanah juga jadi kurang stabil. Kilat dan petir adalah dua hal yang harus benar-benar diwaspadai, jika terjadi hindari area yang terbuka seperti lapangan, hindari pohon-pohon yang tinggi, jangan dekat-dekat dengan sumber air, dan hindari melakukan kontak dengan benda metal.

 

Untuk perlengkapan kegiatan mendaki yang berkualitas tinggi dan nyaman digunakan, ada Arei Outdoor Gear yang bisa Areingers andalkan. Baik untuk Areingers yang pemula maupun yang sudah berpengalaman, tersedia beragam pilihan model dan level untuk melengkapi acara mendaki jadi lebih aman dan terkendali.