Tips Merasakan Nikmatnya Naik Gunung dengan Mudah dan Aman

Mendaki gunung menjadi hobi bagi banyak anak muda jaman sekarang. Areingers bisa melakukan pendakian ke berbagai tempat menarik. Ada banyak gunung yang terkenal untuk didaki seperti gunung Merapi, gunung Merbabu, gunung Padang, gunung Slamet dan gunung-gunung lainnya. Untuk mendaki gunung dengan aman dan selamat, Areingers perlu nih mempersiapkan diri sebaik baiknya. Kalian perlu menyiapkan beberapa hal penting dibawah ini.

Mempersiapkan Fisik 

Areingers yang hendak melakukan pendakian perlu sekali mempersiapkan fisik kalian. Persiapan fisik bisa dilakukan dengan rajin berolahraga, makan secara teratur, minum yang banyak dan juga minum berbagai vitamin. Mendaki sebuah gunung membutuhkan kekuatan fisik sehingga kalian yang sedang tidak enak badan sebaiknya nih tidak melanjutkan rencana untuk naik gunung. Fisik kalian harus kuat terutama jika Areingers semua menemui berbagai masalah di gunung seperti cuaca yang buruk, terpisah dengan teman atau rombongan dan lain sebagainya. 

  • Peralatan outdoor juga harus diperhatikan untuk mendukung kesiapan fisik Areingers. Kalian perlu membawa kompas, sepatu untuk naik gunung yang tepat, tenda yang kuat dan tali yang mungkin digunakan selama kalian melakukan pendakian.  
  • Makanan dan minuman yang cukup. Untuk mempertahankan fisik yang baik kalian juga harus membawa makanan dan minuman yang cukup. Areingers tidak perlu membawa makanan terlalu banyak namun juga tidak perlu terlalu sedikit. Jika membawa terlalu banyak tentu kalian akan berat membawa tas kalian ketika mendaki.

Mempersiapkan Mental 

Hal yang tak kalah penting buat Areingers ketika naik gunung adalah persiapan mental. Mental kalian harus ditempa supaya kalian tetap kuat ketika naik gunung. Areingers perlu selalu berpikiran positif dan selalu meminta ijin terlebih pada orang tua sebelum kalian melakukan pendakian. Jangan lupa buat selalu berdoa pada Tuhan supaya diberikan perlindungan dan dihindarkan dari segala yang jahat selama pendakian. Kalian harus punya pikiran yang baik dan sebaiknya hindari melakukan kegiatan yang negatif selama kalian berada di gunung. Gunung sendiri penuh dengan misteri dan kalian harus banyak berdoa serta tidak bertutur kata yang tidak sopan selama kalian melakukan pendakian. Jika kalian masih awam atau pemula dalam mendaki sebuah gunung, ada baiknya kalian meminta petunjuk dari relawan yang mendampingi pendakian atau warga sekitar. Areingers yang sudah melakukan semua hal di atas bisa menikmati keindahan alam Indonesia dari atas gunung.