Travelling Ke Hutan Kalimantan Indonesia

Indonesia memiliki kekayaan alam yang berlimpah, salah satunya adalah hutan di Kalimantan yang menyimpang keindahan alam tiada duanya. Areingers pasti tahu betul bahwa hutan Kalimantan dikenal sebagai paru-paru dunia. Jika Areingers pecinta alam dan memiliki jiwa petualang, berikut hutan Kalimantan yang dapat dikunjungi

  1. Hutan Baning

Berlokasi di kota Sintang Kalimantan Barat, Hutan Baning dikenal akan keelokkan alamnya. Luas Hutan Baning sekitar 215 hektar. Hutan yang satu ini dikenal memiliki permukaan tanah yang datar, banyak pepohonan rindang yang tumbuh di sekitar area hutan. Tidak hanya itu, di Hutan Baning dihuni oleh aneka satwa dan tumbuhan lokal Indonesia di dalamnya. Uniknya, ada laboratorium di Hutan Baning. Fungsi laboratorium digunakan untuk meneliti dan pengembangan kekayaan hayati yang ada di dalam hutan ini. 

  1. Taman Nasional Tanjung Puting

Apakah Areingers termasuk orang yang suka travelling ke berbagai tempat yang bertemakan alam? Taman Nasional Tanjung Puting bisa dijadikan tujuan selanjutnya. Berlokasi di semenanjung barat daya Kalimantan Tengah, Taman Nasional Tanjung Puting kaya akan kehidupan satwa di dalamnya dan dikenal sebagai rumahnya orang utan.

Namun, tidak hanya ada orangutan di dalamnya, Areingers bisa bertemu satwa lainnya seperti beruang madu, rusa sambar dan bekantan.

Luas dari Taman Nasional Tanjung puting sekitar 415.050 hektar namun dibagi atas beberapa bagian diantaranya  90.000 hektar merupakan hutan produksi, 300.040 hektar dipakai untuk Suaka Marga Satwa, dan 25.000 hektar wilayah perairan.

  1. Taman Hutan Raya Sultan Adam

Tempat adventure satu lagi adalah Taman Hutan Sultan Adam yang terletak di Kalimantan Selatan, luasnya sekitar 112.000 hektare. Perlu diketahui bahwa Taman Hutan Raya Sultan Adam termasuk jenis hutan hujan tropis yang ditumbuhi oleh berbagai flora seperti ulin, meranti, jambukan dan masih banyak lagi.

Selain itu, hutan ini dihuni bekantan, lutung merah, owa-owa dan banyak lagi fauna yang dilindungi oleh pemerintah.

Mencintai alam merupakan salah satu wujud kepedulian kita terhadap ciptaan Tuhan. Jika Areingers ingin berpetualang di dalam hutan Kalimantan selalu ingat untuk tetap menjaga kelestarian, kebersihan hutan, dan melindungi satwa yang hidup di sana.