Waspada Cuaca Ekstrem Saat Naik Gunung, Keselamatan Tetap No. 1

Kegiatan naik gunung memang banyak digemari, terutama oleh anak-anak muda yang suka akan tantangan. Medan yang menanjak, berbatu, melewati hutan, hujan, panas, semua diterjang dengan semangat yang membara. Berbekal peralatan pendakian dan kelengkapan lainnya yang cukup memberikan beban pada fisik bukanlah masalah. Kesemuanya adalah sahabat karib yang wajib dibawa untuk sampai ke puncak. Bahkan perlengkapan tersebut akan menjadi penolong Anda selama di dalam perjalanan. 

Setiap gunung yang Areingers daki memiliki ketinggian, kesulitan medan, dan cuaca yang berbeda-beda. Bahkan cuaca yang terjadi bisa saja tak terduga. Saat akan naik, cuaca baik-baik saja. Tetapi di pertengahan bisa saja cuaca buruk bahkan ekstrem dapat terjadi. Kejadian tersebut harus bisa ditanggulangi sesuai dengan prosedur pendakian dan keselamatan Areingers adalah tetap yang nomor 1. 

Pastikan ketika Areingers akan mendaki, untuk mengetahui bagaimana kondisi cuaca terbaru. Apakah aman atau tidak. Jika petugas di lokasi pendakian menghimbau untuk tidak naik, maka jangan naik. Dikhawatirkan jika tetap naik dalam kondisi cuaca yang ekstrem, bahaya-bahaya seperti hipotermia atau serangan dingin, tanah longsor, pohon yang tumbang, dan kram bisa saja terjadi.

Namun, jika Areingers menemui cuaca ekstrem di tengah perjalanan, lebih baik Areingers segera mencari tempat untuk bisa mendirikan tenda agar bisa melindungi Areingers dan barang-barang bawaan. Jual tenda menyediakan tenda Arei dan tenda-tenda lainnya untuk keperluan pendakian Areingers dengan berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan Areingers. Selama cuaca ekstrem tersebut, usahakan tetap berlindung terlebih dahulu. Jika cuaca membaik dan Areingers merasa yakin untuk melanjutkan pendakian, bisa dilanjutkan dengan pelan-pelan. Karena kemungkinan besar jalur pendakian akan licin. Namun, jika tidak yakin, sebaiknya memutuskan untuk turun gunung. Karena yang terpenting dari pendakian adalah jangan ragu dan jangan memiliki pikiran-pikiran yang negatif. 

Jadi, jangan remehkan gunung dan apapun yang berada di dalamnya. Perlakukan lah dengan baik. Kondisi tak terduga mudah saja terjadi. Dan yang tak kalah penting, tetaplah bersama teman-teman Areingers untuk saling bekerjasama. Turunlah dengan keselamatan dan kebahagiaan.